Dinas Pengendalian Penduduk & KB Kota Makassar 2019

Lorong KB
Mobil Unit Pelayanan KB

cari

 

 

ORIENTASI SATUAN KARYA KENCANA (SAKA KENCANA ) DAN ORIENTASI BINA KELUARGA BALITA  ( B K B )

 

KOTA MAKASSAR TAHUN 2014

 

 Kegiatan Orientasi kesatuan karya kencana (Saka Kencana ) adalah merupakan salah satu program kegiatan Badan KB Kota Makassar yang  dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan orientasi kader BKB dalam pemgasuHAN  tumbuh kembang anak karena kedua kegiatan tersebut akan dilaksanakan secara pararel pada hari dan tempat yang sama.sebagai mana dilaporkan oleh ketua panitia pelaksana  Rochana SE, M.si kepala Bidang KS Badan keluarga berencana Kota Makassar sebagai berikut :

 

1.    Latar Belakang

 

Program pembangunan keluarga berencana sebagai salah satu kebijakan pemerintah yang memiliki indikasi yang tinggi terhadap pembangunan kependudukan dan pembinaan keluarga yang bersifat kuantitatif dan kwalitatif.

 

Salah satu kebijakan strategis pemerintah kota Makassar dan upaya mewujudkan Makassar sebagai kota dunia berdasarkan kearifan local, yakni membangun sumber daya yang berkualitas, meliputi pembangunan manusia sebagai subyek dan objek.

 

2.    Dasar Pelaksanaan           

 

v  Kerja sama kwartir Nasional Gerakan Pramuka dengan Kepala Badan koordinasi Keluarga Berencana Nasional No. 39 TH. 1985 No. 13/HK-010/ES/1909 tanggal 24 Mei 1985

 

v  Skep Kwarnas No. 084 TH 1985

 

Skep Kwarnas No. 066 TH 1966

 

Skep Kwarnas No. 160 TH 2013

 

v  UU RI No. 52 TH 2009 tentang perkembangan dan pembangunan keluarga

 

v  SK Walikota No. 476.05/Kep/II/2014 tentang Pembentukan panitia orientasi anggota saka kencana Tingkat Kota Makassar tahun 2014.

 

v  ST. Kepala Badan KB no. 800/947.1/BKB/IX/2014 tanggal 9 september 2014 tentang orientasi Saka Kencana

 

v  SK Walikota no. 476.05/508/Kep/II/2014 tentang Pembentukan Panitia Orientasi Kader Kelompok Bina Keluarga Balita tingkat Kota Makassar tahun 2014.

 

v  ST. Kepala Badan KB no. 800/1944/BKB/IX/2014 tentang Orientasi BKB tanggal 9 September 2014

 

3.    Maksud/Tujuan

 

v  Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang Keluarga Berencana, Keluarga Sejahtera & Pengembangan kependudukan bagi anggota Pramuka dan Kader BKB

 

v  Mampu dan mau menyebarluaskan kepada masyarakat tentang informasi & pengetahuan kependudukan, keluarga berencana serta kaitannya dengan pembangunan sektor lain

 

v  Mampu berperan aktif dalam mendukung kegiatan kependudukan dan keluarga berencana di lingkungannya.

 

v  Menumbuh kembangkan minat pramuka atau masyarakat terhadap satuan karya keluarga berencana saka kencana di llingkungannya.

 

v  Meningkatkan peran serta, pengetahuan dan keterampilan bagi kader BKB dalam pembinaan tumbuh kembang anak

 

4.    Sumber Anggaran

 

Anggaran Orientasi bersumber dari dana APBD ahun 2014

 

5.    Peserta

 

v  Anggota Saka Kencana Tingkat Kota Makassar sebanyak 30 orang

 

v  Kader BKB unggulan yang tersebar di tingkat Kelurahan sebanyak 100 orang.

 

6.    Waktu Pelaksana

 

v  Hari/Tgl          :  Kamis, 18 September 2014

 

Jam                 :  09:00 Wita

 

Tempat           :  Hotel Prima Makassar

 

Orientasi Satuan Karya Kencana (SAKA KENCANA) di buka oleh Bapak Walikota Makassar yang diwakili oleh Drs. Daniel Pakambanan,M.si kepala Badan KB Kota Makassar  dalam sambutannya beliau mengemukakan bahwa revitalisasi gerakan pramuka telah dicanangkan oleh Presider RI selaku Ketua Majelis Pembina tingkat Nasional Gerakan Pramuka  pada upacara hari Pramuka ke 41, tanggal 14 Agustus 2006 di Cibubur Jakarta. Revitalisasi gerakan pramuka adalah pemberdayaan pramuka yang dilakukan secara sistematis, berkelanjutan, serta terencana guna memperkokoh eksistensi organisasi dan lebih meningkatkan peran, fungsi dan tugas pokok gerakan pramuka dengan melibatkan pemerintah dalam pembentukan sikap dan perilaku.

 

Gerakan pramuka sebagai salah satu lembaga pendidikan luar sekolah perlu berperan serta dalam pembanguan nasional dengan berpegang pada hakikat gerakan pramuka dan dalam rangkaian mencapai tujuan gerakan pramuka maka sejak 1985 dibentuk Satuan Karya Pramuka Keluarga Berencana (Saka Kencana) sebagai wahana dan sarana pembentukan sikap, perubahan perilaku, penyebar luasan visi dan misi badan KB.

 

Saka Kencana tingkat Kota Makassar melalui surat keputusan kwartir cabang  (Kwarcab) Gerakan pramuka Makassar Nomor : 07 tahun 2013 tanggal 20 Februari 2013 yang di tanda tangani oleh Ketua Kwartir Cabang Kota Makassar Bapak H. Ibrahim Saleh, SE,MM.

 

Dengan terbentuknya Saka Kencana Kota Makassar Melalui Visi Misinya merupakan wadah utama dan solusi handal kaum muda untuk senantiasa menjaga perilaku sebagai generasi muda yang berkualitas.

 

Khusus bagi kader BKB, Walikota Makassar dalam sambutannya mengemukakan bahwa Pemerintah Kota Makassar juga telah memiliki komitmen yang tinggi dalam menangani persoalan kependudukan melalui program Makassar bebas, oleh karena itu Beliau mengharapkan kader BKB menjadi informan sekaligus fasilitator keluarga melalui Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) dalam upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas kesertaan ber KB terutama bagi keluarga miskin dengan menggunakan alat kontrasepsi gratis yang disiapkan pemerintah.

 

Selain itu Walikota Makassar menitip pesan dan harapan kepada ibu-ibu kader dan semua peserta orientasi agra senantiasa menjadi fasilitator dan monivator bagi keluarga dan masyarakat dalam mewujudkan program Makassarta’ Tidak Rantasa (MTR), Lihat Sampah Ambil LISA) untuk menunjang visi kota Makassar mewujudkan Makassar kota dunia yang nyaman untuk semua.

 

 

Dinas Pengendalian Penduduk & KB

Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 2 Makassar

Sulawesi Selatan, Indonesia

Telp/Fax : 0411- 317007

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

joomla share module